-->

Pesan Untuk Remaja, Jadilah remaja islam yang hebat!

Tidak ada komentar


Remaja adalah potensi besar perubahan, juga potensi kehancuran. Manakala, remaja berprestasi, maka akan terbentuklah perubahan dalam suatu negeri. Sebaliknya, suatu negeri bakal hancur jika remajanya hancur. Melihat remaja saat ini, nampaknya agak memperihatinkan. Kebanyakan dari mereka menjadi amoral, bermaksiat dan jauh dari islam. Kita bisa lihat bagaimana remaja muslim saat ini justru jauh dari islam. Mereka terjebak oleh lingkungan yang notabene sangat rusak. 

Namun, meskipun begitu, ada juga remaja yang masih tetap istiqomah dalam memegang islam, karena mereka yakin bahwa mereka adalah muslim, mereka adalah peletak suatu perubahan. Oleh karena itu, mereka terus menyuarakan islam, berdakwah agar islam bisa jaya kembali layaknya dahulu. Ada beberapa pesan untuk remaja yang ingin saya sampaikan. Semoga pesan ini dapat menjadi nasihat yang baik pada remaja.

Jadilah remaja islam yang hebat!
Remaja hebat bukanlah remaja yang pacarnya banyak serta sering gonta-ganti pacar. Bukan pula mereka yang kerjaaan sering mabuk dijalanan. Bukan pula mereka yang kerjaannya di sekolah Cuma melanggar tata tertib yang berlaku. Bukan pula mereka yang terjerat pemakai narkoba.
Lalu siapa dia?
Dia adalah remaja pejuang islam. Dia yang selalu istiqomah dalam islam, memperjuangkannya, berdakwah, dan selalu ibadah pada Allah. Yang dengan itulah, ia akan di naungi oleh Allah di saat tidak ada naungan kecuali naungan-Nya.
Rasulullah saw bersabda;
Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah disaat tidak ada naungan kecuali naungannya; pemuda yang beribadah semasa hidupnya.
Banyak remaja hebat yang dapat kita jumpai di masa Rasulullah saw dan generasi-generasi selanjutnya. Tahukah kamu Mush’ab bin umair? Ia adalah pemuda hebat. Dialah yang mendakwahkan islam di Madinah pada saat itu, hingga sebagian besar penduduk—termasuk tokoh-tokohnya—masuk islam. Jasa-jasanya sangat luar biasa terhadap islam. Dia meninggalkan kemewahan dunia hanya semata-mata untuk islam. Bahkan, sebelum ia masuk islam, ia bersih, harum dengan berpakaian mewah. Namun demi islam, ia tinggalkan semua kemewahan itu.
Selain Mush’ab bin Umair, ada lagi sosok pemuda yang sangat hebat, bahkan di umurnya yang belum 21 tahun, ia sudah bisa merealisasikan bisyarah ( kabar gembira) dari Rasulullah saw yaitu menaklukkan kota konstantinopel, ibu kota Bizantium. Siapa dia? Dialah sultan Muhammad al fatih atau biasa di kenal dengan sebutan Mehmed. Dia adalah pemuda hebat. Di umur yang masih muda, dia sudah mendapat predikat pemimpin yang terbaik, berdasarkan hadits yang mulia Rasulullah saw ;
sungguh Konstantinopel akan ditaklukkan. Sebaik-baik pemimpin adalah pemimpinnya dan sebaik-baik pasukan adalah pasukannya”[1]
Kesungguhan dia sepatutnya harus dicontoh remaja-remaja saat ini. Dengan bimbingan dari guru terbaik pada zamannya yakni Syeikh Ahmad Al Qurani dan Aaq Syamsuddin, ia tumbuh menjadi pemuda yang hebat yang tidak mengenal putus asa. Kedekatannya pada Allah sangat luar biasa. Bahkan dialah pemuda yang tidak pernah meninggalkan sholat tahajjud[2]. Sungguh! Inilah teladan remaja terbaik yang mesti kita teladani kepribadiannya.
Dua pemuda ini adalah pemuda yang sangat luar biasa. Dari segi kepribadian, ia adalah pemuda yang berkepribadian yang baik yang terpancar dari islam. Ia telah menjadikan Al-quran sebagai pedoman hidupnya. Tentunya, kita juga harus begitu, meskipun kita mungkin tidak bisa seperti pemuda ini. akan tetapi, setidaknya kita meneladani mereka.
Kita sebagai lelaki muslim, tentu harus berpedoman pada Al-quran dan as-sunnah. Kita harus selalu berada dalam koridor islam. tak boleh sekalipun bergeser dari koridor itu. Kita harus mencontoh kedua pemuda di atas, yang begitu luar biasa dalam islamnya. Dengan demikian, kita akan jadi pemuda yang luar biasa, juga menjadi remaja islam hebat.
Sumber : remajaislamhebat.com

Komentar