-->

Mantan? Ah, Lupakan!

Tidak ada komentar

Ilustarasi
Hm, banyak cewek atau cowok yang nggak merasa risih dibilangin mantan. Padahal sematan “Mantan” adalah sematan yang buruk. Cuma nggak kedengaran buruk karena bahasanya diperhalus. Coba kalo kita pake bahasa yang sebenarnya, mantan sama aja bekas. Jadi kalo kamu udah putus ama seseorang, maka kamu udah jadi “bekas” orang. Nggak bagus kan kedengarannya?

Menjadi seorang mantan, apalagi mantan pertama, biasanya selalu teringat si doi sepanjang zaman. Dan nggak nutup kemungkinan, semula cuma teringat, eh lama-kelamaan, bibit “cinta” yang awalnya nggak bisa tumbuh menjadi tumbuh dengan lebat. Dengan kata lain, cintamu padanya bersemi kembali. Dari sinilah orang mengenal “CLBK” atau Cinta Lama Belum Kelar, eh salah, Cinta Lama Bersemi Kembali maksudnya.

Bagi yang suka pacaran, mungkin dia akan dateng lagi ke mantannya untuk pake cara lama: menembak. Tapi bagi yang udah insyaf pacaran, tentu akan bekerja ekstra untuk mengubur kembali lagi rasa itu. Ya, daripada bikin perih, ya mending dikubur. Begitu katanya! Ini tentu nggak gampang karena membutuhkan kekuatan yang ekstra plus kemauan yang kuat. 

Sebenarnya nggak ada masalah teringat mantan. Tapi yang jadi masalah kalo bibit “Cinta” itu tumbuh kembali. Kenapa? Karena bisa saja bibit itu akan ngomporin kamu agar pacaran lagi ama dia. Itu kan udah menyuruh ama kemaksiatan. Maka yang kayak begitu jangan sampe terjadi. Jangan sampai kamu maksiat lagi ama dia. Maka sebelum itu terjadi, ada baiknya kamu menghilangan bibit itu dari pikiran kamu. Caranya? ini tipsnya!

1. Jangan Sering Ketemu
Ada pepatah jawa bilang begini, “Witing Tresno Jalaran Soko Kulino”. Artinya, cinta itu muncul karena terbiasa berinteraksi. Jadi, ketika kamu dengan lawan jenis sering berinteraksi, apalagi dalam jangka waktu lama, nggak nutup kemungkinan bibit “Cinta” tumbuh dalam hati kalian berdua. Nah, ketika bibit cinta udah tumbuh, maka cara menghilangkannya adalah menghilangkan akar masalahnya: yaitu sering berinteraksi.
Maka kapan kamu pengen lupain mantan, kurangilah keseringan berinteraksi. Kalo biasanya satu hari berinteraksi sampe 6 kali, kurangilah sampe 2 kali. Atau kalo perlu, nggak usah berinteraksi sama sekali. Dengan begitu, pikiran tentang dia akan hilang sedikit demi sedikit. Bayang-bayang si dia pun akan perlahan lenyap.

2. Buang Hadiah dari Mantan
Biasanya yang biasa ingetin kita ama mantan, itu peninggalan. Misalnya, mantan dulu pernah ngasih mobil ferrari ama kita. Maka kapan hadiah itu kita plototin, maka wajah dia pun seakan-akan muncul dalam benak kita. Ini yang bikin kita makin inget ama dia.
Karena itu, ketika kamu mau lupain dia, maka kamu nggak boleh nyimpen sesuatu yang bisa mengantarkan kamu teringat ama si dia. Misalnya kamu inget dia karena liat mobil Ferrari tadi, maka ada baiknya mobil itu kamu jual ama orang. Atau kalo nggak ada yang mau beli, sumbangin aja dipanti asuhan. Ya, selain bisa lupain dia, juga dapet pahala.
Kadang ada orang yang merasa tersiksa karena nggak bisa lupain mantan. Lha, gimana nggak, setiap malam dia sering ngintip beranda Facebook si doi. Pagi, sering natap foto selfinya, malam sering denger nyanyian si doi. Maka ini bikin dia jadi tersiksa. Dia mau lupain, tapi barang-barang yang mengantarkan semakin inget dia disimpen. Jadinya, dia nggak bisa lupain.
Jadi kapan kita mau lupain dia, hilangkanlah segala hadiah atau barang yang bikin kita inget. 

3. Sibukkan Diri!
Sibuk adalah cara praktis melupakan dia. Kalo pikiran kita udah terfokus ama satu aktivitas, maka kita nggak inget lagi aktivitas lain. Sama halnya dalam soal mantan. Kalo kita sibuk dalam suatu aktivitas, maka untuk urusan mantan jadi minggat. 
Karena itu, hindarilah aktivitas seperti ngelamun. Nah, itu adalah aktivitas yang bikin kamu jadi makin susah lupain dia. Apalagi kalo yang kamu lamunin adalah kenangan indah masa lalu. Wah, bisa-bisa kamu bisa nangis-nangis deh!
Jadi jangan suka melamun. Tapi sibukkan diri pada aktivitas yang bermanfaat. Ibarat air, kalo menggenang bisa dikerumuni ama nyamuk. Tapi kalo mengalir deras, nyamuk nggak bakal mampir. Jadi intinya sibukkan diri.

Itulah tiga tips ampuh lupain mantan. Jika kamu lakuin tiga tips diatas secara serius, insya Allah, mantan kamu akan lenyap dari dunia ini, eh salah maksudnya di pikiran kamu.
Penulis: Hardi Jofandu, Blogger & Anggota Tim LDS HTI KENDARI
Sumber : remajaislamhebat.com 

Komentar